Rizal Ramli: Andai Saya dan Prabowo Jadi Capres atau Cawapres, Indonesia akan Memimpin Dunia .. Netizen : Iyah Dikenal Bakal Hancur Nama Indonesia

0
282 views

NetralNkri.com – Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli mengaku belakangan ini dirinya sangat kerap diundang untuk berdiskusi dengan beberapa pemangku kepentingan dan pegiat bisnis di luar negeri. Yang teranyar adalah ke Amerika Serikat sekitar tiga minggu lalu.

Rizal mengaku berkunjung ke acara think thank (kelompok pemikir) Partai Koservatif di Washington, Angkatan Laut AS, dan para pegiat bisnis di New York.

“Ada satu pertanyaan yang berulang-ulang ditanyakan. ‘Apakah betul, pemerintah Indonesia hari ini sangat pro Beijing?'” kata Rizal di Jakarta, Sabtu (30/6/2018).

Rizal pun tak kaget mendengarkan pertanyaan itu dan seolah membenarkannya.

“Saya katakan, sulit dihindarkan persepsi bahwa pemerintah ini sangat pro-Beijing (Cina),” tambah pria yang digadang jadi capres ini.

QQAsia

Menurutnya, hal ini semata-mata karena pertimbangan pragmatisme, proyek, dan gula-gula.

“Padahal konstitusi kita jelas sekali. Politik luar negeri Indonesia harus netral, harus bebas dalam pengertian netral dari blok-blok yang ada,” ucapnya.

“Dan proaktif memperjuangkan kemajuan di kawasan ini,” tambahnya.

Rizal menyebut, pemerintahan saat ini sangat pragmatis dengan pertimbangan pro-Beijing.

“Kami percaya, kalau Mas Bowo (Prabowo Subianto) jadi presiden atau Rizal Ramli jadi Presiden, kami akan kembalikan politik luar negeri Indonesia di tengah seperti Bung Karno katakan, ‘Kita itu harus bagaikan mendayung di tengah dua karang besar. Kita harus di tengah, jangan sampai Indonesia jadi alat dari dua kekuatan besar’. Karena Indonesia akan menjadi pemimpin Asia, bahkan pemimpin dunia kalau saya atau Mas Bowo jadi Presiden,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here