Bertemu Presiden Endorgan di Turki, Ini 3 Hal Dilakukan Anies

0
202 views

Netralnkri.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kunjungan ke luar negeri untuk pertama kalinya sejak menjabat di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Sejak Senin (16/4/2018) sampai Senin pekan depan (24/4/2018), dia mengunjungi Casablanca di Maroko dan Istanbul di Turki.

Kunjungan tersebut merupakan undangan dari masing-masing wali kota.

Berikut tiga hal menarik dari pertemuan Anies dan Erdogan yang dirangkum Kompas.com.

1. Terjadi kebetulan

Anies sebenarnya tidak pernah menceritakan detail bagaimana dia bisa bertemu dengan Erdogan.

Apakah kebetulan mendatangi tempat yang sama atau ada pada kegiatan yang sama. Namun, Anies menyiratkan semua momen pertemuannya dengan Erdogan terjadi secara kebetulan.

“Sebuah kebetulan bahwa di sana dan saya ikut juga ditarik beliau. Dia tarik tangan saya ‘yuk ikut masuk ke dalam shalat sama-sama. Setelah itu ada zikir, beliau tarik tangan saya juga dan duduk disampingnya,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (24/4/2018).

Anies bercerita, dia menunaikan shalat Jumat bersama-sama Erdogan.

Setelah itu, dia dan Presiden Erdogan masuk ke ruang kecil dekat makam sahabat Rasulullah SAW, yaitu Abu Ayyub al-Anshari, yang berada di kompleks masjid tersebut untuk berzikir dan membaca Al Quran bersama.

2. Ditarik Erdogan dan diajak bersebelahan

Selama bertemu Erdogan, Anies hampir selalu bersebelahan. Anies shalat pada shaf paling depan bersebelahan dengan Erdogan.

QQAsia

Tepatnya, dia diapit oleh Presiden Erdogan, dan Menteri Energi Berat Albayrak. Saat berada di ruang kecil dekat makam Abu Ayyub al-Anshari, Anies kembali duduk di samping Erdogan.

Dia menuliskan pengalaman itu di akun instagram-nya @aniesbaswedan.

“Di ruangan itu hanya ada sekitar 20 orang. Presiden Erdogan berada di tengah dan saya duduk di sampingnya,” tulis Anies

Presiden Erdogan membaca Surat Yaasiin diikuti Anies dan yang lainnya. Beberapa orang imam di ruangan tersebut kemudian melantunkan ayat suci Al Quran secara bergantian selama hampir 1 jam.

Anies menggambarkan momen itu berlangsung sangat sakral, khusyuk, dan juga privat.

“Prosesnya memang di sana itu sesuatu yang privat. Dan yang saya baru tahu kemudian kalau Presiden Erdogan memang jarang sekali melakukan itu,” kata Anies.

3. Cium botol berisi janggut Rasulullah SAW

Hal berkesan lainnya adalah Anies berkesempatan mencium botol berisi janggut Rasulullah SAW saat bersama Erdogan.

Anies awalnya belum tahu apa isi botol itu. Dia hanya melihat saat ayat suci Al Quran dilantunkan, seorang imam menunjukkan sebuah barang yang dibungkus lebih dari 10 lapis kain berwarna hijau dan putih.

“Ternyata yang dibungkus itu adalah sebuah botol kecil yang kacanya amat bening dan di dalamnya terlihat sehelai rambut,” kata Anies lewat instagramnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “3 Hal Menarik dari Pertemuan Gubernur Anies dan Presiden Turki Erdogan”,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here