Baru Resmi Dicerai Ahok Kemarin , Veronica Tan Kini Kembali Diberitakan Terlibat…..

0
509 views

Netralnkri.com – Berangkat dari kecintaannya terhadap dunia pendidikan anak, Eti Yulianti berjuang bersama beberapa rekannya mendirikan lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) yang diberi nama PAUD Anggrek Bulan.

Hal dia dilakukan jauh sebelum ia menjadi salah satu pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak ( RPTRA) Cililitan, yang berada di Jalan Buluh, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Awalnya, PAUD Anggrek Bulan ini dibangun di sebuah garasi milik warga.

Ketika didirikan, PAUD itu masih memakai tempat seadanya.

“Dulu itu emperan, lah, karena pinjam garasi orang,” kata Eti, kepada Kompas.com di ruang pengelola RPTRA Cililitan, Jumat (20/4/2018).

PAUD itu berada di dalam RPTRA Cililitan.

Pembangunan RPTRA berawal dari 2008, ketika tercetus ide untuk menciptakan sebuah ruang interaktif berupa taman.

Kebetulan, saat itu ada lahan kosong milik Pemprov DKI yang bisa dimanfaatkan.

“Kemudian di tanah ini (RPTRA) yang merupakan lahan pemda, kami punya ide bikin taman interaktif. Saat itu masih zaman Pak Fauzi Bowo,” ujar Eti.

Pembangunan awal taman interktif pun berjalan mengandalkan patungan warga, setelah melakukan rembukan di tingkat RW dan mendapat izin.

“Bangun awal itu saweran dengan warga, ada yang kasih uang, ada yang kasih bata, sampai ada yang kasih tenaga bantu bangun. Itu sekitar tahun 2008 kalau enggak salah, awalnya hanya PAUD dan sekertariat RW,” ucap dia.

Peran Veronica Tan Mantan istri Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Veronica Tan, adalah sosok yang berperan mengubah taman interaktif itu menjadi RPTRA.

QQAsia

“Saat rapat PKK tingkat provinsi pada 2015, Ibu Vero bilang, ‘gimana kalau kita bikin RPTRA’. Alhamdulilah akhirnya jadi, setelah berjalan, beliau juga masih dukung dan memonitor. Menurutnya, kalau soal pendidikan anak, akan ia dukung,” katanya.

Menurut Eti, peran Vero untuk RPTRA dan PAUD sangat besar.

Bahkan, bisa dibilang Vero menjadi motor hingga akhirnya RPTRA Cililitan kini bisa digunakan beragam kegiatan warga.

Eti menilai, Vero punya spirit yang sama dalam perjuangan di bidang pendidikan dengan tokoh pejuang RA Kartini.

“Semua wanita di Indonesia harus melihat sudut pandangnya seperti Bu Kartini, biar lebih banyak sosok Kartini zaman sekarang,” ucapnya.

RPTRA yang ia kelola saat ini bukan lagi sekadar menjadi lokasi edukasi bagi anak, tapi juga taman bermain dan interaktif warga.

Beragam kegiatan sering dilakukan, bahkan banyak perguruan tinggi yang datang untuk memberikan edukasi positif lainnya.

Anak didik RPTRA Cililitan tercatat sudah menoreh prestasi di beberapa kejuaraan, seperti kempo, pencak silat, sampai futsal.

Kini, jumlah anak didik di PAUD Anggrek Bulan di RPTRA tersebut sudah mencapai lebih dari 100 orang.

Selain belajar reguler, anak-anak juga banyak mendapat ilmu lain, seperti melukis, menari, sampai edukasi sosial sejak dini.

“Semua fasilitas di sini gratis bagi warga. Anak-anak bisa bermain dan mendapat edukasi, kita juga sering memberikan penyuluhan bagi warga wanita, terutama mengenai program keluarga berencana dan pernikahan usia dini,” ujar dia.

sumber: kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here